10 PERMAINAN TRADISIONAL INI HAMPIR PUNAH KARENA PERKEMBANGAN JAMAN


10 PERMAINAN TRADISIONAL INI HAMPIR PUNAH KARENA PERKEMBANGAN JAMAN



Hey Whats’up everyone? Apa kabar? Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang permainan tradisional yang hamper punah karena kalah bersaing dengan perkembangan jaman. Sebagian besar dari kita pasti pernah menikmati masa kecil dengan melakukan permainan bersama dengan teman-teman baik teman sebaya ataupun teman yang berbeda umur. Dibandingkan masa kini anak-anak pada jaman dulu lebih suka bermain bersama teman temannya melalui permainan tradisional yang menyenangkan dan menantang. Namun pada saat ini akibat perkembangan jaman permainan tradisional telah banyak yang mulai ditnggalkan karena anak-anak leebih menyukai bermain dengan gadged mereka ketimbang dengan teman-teman mereka. Lalu apa saja permainan tradisional yang hamper punah karena perkembangan jaman. Langsung saja kita bahas. Check this out….



1.    Kelereng



Sebagian besar pasti pernah merasakan bermain kelereng bersama dengan teman masa kecil. Ada banyak jenis permainan yang bisa dimainkan dengan mengunakan kelereng, dengan bermain kelereng kita juga berlatih konsentrasi dan ketepatan melempar kelereng serta strategi agar bisa menang. Untuk jenis kelereng ada macam macam ada yang besar dan ada yang kecil ada yang bermacam warna dan bermacam macam bentuk dari kelereng itu sendiri sehingga dahulu tidak sedikit orang yang mengleksi kelereng karena memiliki keunikannya masing masing.



2.   Eggrang



Eggrang adalah sebuah permainan tradisional yang berasal dari bambu. Cara memainkan eggrang adalah dengan menaiki bambu yang diberi pijakan. Biasanya eggrang dimainkan mirip lomba balap lari yaitu dengan berjalan yang lebih cepat dia yang menang. Untuk menaiki eggrang bukanlah hal yang mudah karena kita juga pelru memperhatikan keseimbangan dan mental terlebih dahulu. Karena kesulitan itulah saaat ini sangat jarang orang yang bermain egrang. Meskipun sudah sangat jarang peminat, permainan eggrang tetap harus dilestarikan agar permainan tersebut akan terus ada hingga esok kelak.



3.   Congklak


Congklak atau dakon adalah permainan yang berasal dari dareah Jawa. Umumnya congklak dimainkan oleh perempuan namun bukan berarti laki-laki tidak boleh bermain congklak, semua boleh bermain baik tua maupun muda baik laki-laki  maupun perempuan . congklak adalah sebuah permainan dengan menaruh kerikil atau biji-bijian pada lobang yang telah dibuat secara berputar dan bergantian. Pemenang dari permainan ini ditentukan oleh siapa yang paling banyak membawa bijibijian atau kerikil.



4.   Gasing


Gasing adalah sebuah permainan tradisional yang dimainkan dengan cara memutar benda dengan sumbu atau poros di tengahnya. Pada jaman dahulu gangsing terbuat dari kayu dan untuk membuat berputar digunakanlah tali. Namun pada jaman sekarang gangsing tidak hanya terbuat dari kayu saja namun juga dari plastik dan juga besi. Permainan gangsing pada umumnya dimainkan oleh anak laki-laki. Pemenang dari pertandingan di tentukan oleh siapa yang berhasil bertahan paling akhir dan tidak keluar dari arena yang sudah di tentukan. Permainan gangsing merupakan permainan yang sangat menyenangkan apabila dimainkan bersama dengan teman teman.




5.   Bekel


Bekel adalah sebuah permainan dengan memantulkan bola lalu mengambil benda berbentuk besi sebanyak-banyaknya sebelum bola itu turun. Ketika bola itu turun pemain hanya diperbolehkan menangkap bola mengunakan satu tangan yaiu tangan yang digunakan untuk mengambil benda berbentuk besi. Umumnya permainan bekel adalah permainan yang dimainkan oleh perempuan, karena sangat jarag dijumpai laki-laki yang bermain bekel. Saat ini permainan bekel sudah banyak ditinggalkan, padahal sebenarnya permainan ini sangat menyenangkan dan bisa melatih kecepatan serta strategi.



6.   Gobak sodor


Gobak sodor adalah sebuah permaian menjaga daerah pertahanan kita dari lawan yang mausuk melewati pertahanan kita. Cara bermain permainan ini sangat mudah, pada awalnya kita harus membagi tim sama rata dan menentukan tim mana yang akan menyerang pertahanan dan tim mana yang akan menghalau penyerang. Apabila seorang pemain penyerang berhasil melewati pertahanan dari tim yang bertahan dengan melewati semua orang maka tim penyerang akan diberi poin. Pertandingan ini ditentukan dari berapa banyak poin yang di dapat. Saat ini permainan ini sudah banyak di tinggalkan padahal permainan ini sangat menyenangkan apabila kita bermain bersama teman-teman selain itu permainan ini melatih kecepata,strategi serta kelincahan.



7.   Sepakbola kampung


Sepakbola kampung sebenarnya tidak memiliki perbedaan dengan sepakbola pada umumnya yang bermain dengan tujuan mencetak gol. Namun karena biasanya dimainkan di jalan atau di gang kecil maka disebut sepakbola kampung selain itu permainan sepak bola kampung umumnya mengunakan bola plastik saja . Dalam permainan ini juga sangat menarik karena banyak peraturan peraturan unik seperti contoh peraturannya:
Tidak ada offside
Tidak diharuskan memakai alas kaki
Tidak ada pelanggaran kecuali hand ball dan pemain menangis
Tidak ada batas waktu permainan yang menjadi batas waktu hanya adzan magrib
Dan masih banyak peraturan peraturan unik lainnya.



8.Engklek


Engklek adalah permainan yang populer di daerah jawa. Model permainan ini adalah dengan melompat-lompat pada area yang sudah disiapkan. Umumnya permainan ini dimainkan oleh perempuan namun tidak menutup kemungkinan juga untuk laki-laki bermain. Pada permainan ini kita hanya perlu menyediakan alas yang sudah digaris dan digunakan untuk melompat. Permainan ini sangat menarik karena melatih keseimbangan dan ketepatan saat turun. Namun saat ini permainan engklek sudah sangat jarang dimainkan padahal permainan ini sangat seru apabila dimainkan bersama-sama dengan teman-teman.



9.Yoyo


Yoyo adalah permainan yang terbuat dari kayu sebenarnya yoyo adala permainan yang terkenal bukan  hanya di Indonesia saja namun juga hampir di seluruh dunia mengetahui yoyo. Yoyo dimainkan dengan cara menurunkan yoyo yang diberi tali maka yoyo tersebut akan berputar dan kembali begitulah cara bermainnya. Pada awalnya, permainan yoyo dibuat dari bahan kayu namun karena perkembangan zaman yoyo dibuat dari bahan plastik juga. Saat ini sangat jarang terlihat orang yang bermain permainan yoyo oleh karena itu yoyo harus kita lestarikan agar tidak hilang karena ditelan jaman.




10.  Bakiak


Bakiak adalah sebuah permainan yang berupa sandal yang terbuat dari kayu yang diberi karet ban. Bakiak biasanya dibuat panjang agar banyak orang bisa memainkannya dan cara memainkan bakiak sama kita harus berjalan namun bersama meskipun sulit namun bakiak sangat menyenangkan karena bisa melatih kebersamaan serta kecepatan. Pada jaman dahulu permainan bakiak sudah sangat populerdan banyak memiliki pengemar, bahkan karena kepopuleran bakiak, bakiak sering dijadikan sebagai salah satu cabang lomba pada hut-RI pada tangal 17 Agustus. Namun saat ini sangat jarang dijumpai ada anak yang bermain bakiak padahal bakiak sangat seru untuk dimainkan


Nah itu dia permainan yang hampir punah karena perkembangan jaman. Marilah kita menjaga agar semua peremainan tradisional tidak pinah karena perkembangan jaman dan tetap ada hingga hari esok. Terimakasih karena telah mengunjungi blog saya. Apabila anda memiliki saran, masukan atau tangapan silakan anda ketik pada kolom komentar, setiap komentar dari anda sangat berharga bagi perkembangan blog ini. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel lain. See You Next Time….

Post a Comment

0 Comments