PERMAINAN TRADISIONAL YANG MENYENANGKAN JIKA DIMAINKAN BERSAMA TEMAN


PERMAINAN TRADISIONAL YANG MENYENANGKAN  JIKA DIMAINKAN BERSAMA TEMAN


Heyyy, What’s up everyone? Apa kabar kalian? Lagi sibuk apa nih? Selamat datang di blog saya pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang permainan tradisional yang menyenangkan apabilla dimainkan bersama teman. Pada saat ini banyak orang mulai meninggalkan permainan tradisional dan lebih memilih permainan yang lebih modern seperti game konsol, PS, PSP, ataupun game online. Banyaknya orang yang tidak sadar bahwa ternyata permainan tradisional banyak yang lebih menantang untuk dimainkan daripada game konsol modern. Lalu permainan tradisional apa saja yang menyenangkan jika kita mainkan bersama teman? Langsung saja kita ulas dibawah. Check this out…


1. Petak umpet




Petak umpet adalah sebuah permainan tradisional yang sangat popular di Indonesia dan sudah dikenal dari masa kemasa. Cara permainannya adalah seorang penjaga menghadap ke tembok sambil menghitung. Ketika penjaga sedang menghitung semua anak harus segera bersembunyi mencari tempat paling aman. Ketika penjaga menyelesaikan hitungannya penjaga harus segera mencari teman yang bersembunyi, ketika penjaga sudah menemukan teman temannya penjaga harus segera berlari ke tembok tempat dia menghitung dan dia harus menyebut nama teman yang kena sambil menyentuh tembok. Sebaliknya apabila penjaga sedang mencari pemain lain sebaiknya pemain lain menyentuh tembok yang digunakan untuk menghitung penjaga sebelum penjaga menyebut nama mereka. Apabila pemain menyentuh tembok terlebih dahulu berarti dia akan dinyatakan aman. Begitulah permainan Petak Umpet.


2.  Gobak Sodor


Permainan ini adalah permainan dengan menjaga daerah agar lawan tidak bisa melewati daerah yang di jaga. Cara permaiannya pada awalnya harus dibentuk tim biasanya masing-masing tim terdiri 2 kubu kubu pertama adalah orang yang menjaga dan kubu kedua adalah orang yang berusaha menembus pertahanan. Setelah ditetapkan tim tim penjaga harus bersiap siap menjaga dengan penjaga membuat barisan kebelakang, penjaga nantinya bertugas menghalangi pemain yang menyerang begitu pula pemain penyerang bertugas menerobos pertahanan. Apabila pertahanan sudah di terobos berarti penyerang mendapatkan point.

3.  Bentengan


Bentengan merupakan permainan dimana dalam permainan ini dibagi 2 tim bebas untuk pembagian timnya namun disarankan pembahian timnya harus rata sama jumlah. Setiap tim berusaha menerobos pertahanan tim lawan dan menyentuh tiang yang disebut benteng dengan cara apapun. Dalam permainan ini apa bila pemain penjaga menyentuh bagian tubuh pemain yang menyerang maka pemain yang menyerang akan ditahan dan cara membebaskannya adalah denggan tim yang angotanya tertangkap harus menyentuh anggota tubuh tim yang tertangkap. Apabila tiang atau benteng di sentuh tim lawan maka tim yang menyentuh benteng tersebut akan mendapat point.

4.  Gembungan


Gembungan adalah permainan tradisional dengan melempar bola yang terbuat dari gumpalan kertas yang menggembung. Cara permainannya adalah pada awalnya pemain membuat gumpalan kertas yang kuat dan nyaman untuk dilempar. Alasan mengunakan kertas karena kertas tidak akan terasa sakit bila dilempar, biasanya agar lebih berat bagian tengah diberi batu kecil baru di beri kertas, agar tidak mudah lepas kertas bagian luar diberi solasi atau kresek yang terikat kuat. Cara permainannya adalah, pada awalnya kita harus menentukan siapa yang akan akan mengejar dan melempar bola pertama kali, lalu permainan dimulai orang yang bertugas tadi harus mngejad dan melemparkan bola ke pemain lain apabila bola mengenai pemain lain berarti tugas tersebut berganti pada pemain itu dan dia harus mengejar pemain lain untuk dilempar bola kertas.


5.  Tarik Tambang


Tarik tambang adalah sebuah permainan dimana dalam permainan ini pemin harus dibagi 2 tim untuk beradu kekuatan. Cara permainannya adalah, pada awalnya setiap pemain harus dibentuk tim yang rata jumlah dan besar badan lalu antara tim harus bersiam untuk saling menarik tambang biasanya pada bagian tengah tambang diberi pita untuk mengetahui batasan batasannya. Kedua tim akan saling Tarik menarik apabila tambang yang ditarik melewati batas garis berarti pemenang permainan adalah tim yang  berhasil menarik tambang hingga melewati batas garis.


6.  Lompat tali


Siapa yang masa kecilnya pernah bermain lompat tali. Lompat tali adalah sebuah permainan yang pada umumnya dimainkan oleh pemain perempun namun sebenarnya lompat tali sendiri merupakan permainan yang umum dimainkan oleh perempuan maupun laki- laki. Cara permainannya sangat mudah kita hanya perlu mempersiapkan tali yang akan digunakan dan dibutuhkan 2 orang untuk memegang tali tersebut. Dalam permainan ini biasanya tali yang digunakan berasal dari tali sintetis atau tali yang disusun dari karet yang disambung. Cara permainannya sangat mudah pemain hanya perlu melompati tali yang menjadi rintangan biasanya tali dibuat rendah oleh 2 orang pemegang tali dahulu lalu semakin lama permainan, tali semakin ditinggikan dan pemain harus melewati tali tersebut tanpa menyentuh tali. Atau ada permainan lain yaitu 2 orang yang memegang tali memutar tali dan pemain lain berada pada tengah tali melompat guna menghindari tali yang diputar. Untuk jumlah pemain bisa dilakukan dengan jumlah bebas jadi pemain bisa bermain bersama teman- teman.

7. Balap karung

Balap karung adalah permainan yang sangat umum dimainkan di Indonesia dan biasanya balap karung dikemas menjadi salah satu cabang perlombaan di Indonesia terutama saat HUT RI tanggal 17 Agustus. Cara permainannya sangat mudah pemain hanya perlu menyediakan karung. Biasanya karung yang digunakan adalah karung goni. Karena jika mengunakan karung jenis lain dikawatirkan akan rusak. Pada permainan ini setiap pemain mengunakan karung dari start hingga finish dengan cara melompat apa bila sudah mencapai garis finish berarti pemenang adalah yang berhasil melewati garis finish. Biasanya agar permainan lebih menarik balap karung dilakukan dengan cara estafet jadi beberapa orang menunggu digaris start dan beberapa orang menuggu di garis finish. Apabila pemain satu sudah mencapai garis finish maka permainan akan dilanjutkan pemain ke-2 dimulai dari garis finis ke garis start dan pemain ke-3 dari garis start melanjutkan ke garis finish begitu seterusnya hinga jumlah pemain habis dan yang sampai garis akhir terlebih dahulu dialah pemenangnya.


8.   Badminton

Badminton atau bulutangki adalah sebuah cabang olahraga yang sudah banyak di kenal di dunia cara permainannya sangat mudah hanya perlu menjaga agar kok tidak jatuh di daerah pertahanan kita dan kita hanya perlu menangkis atau menyerang kok yang ditujukan lawan kepada kita. Apabia kok tersebut jatuh di daerah lawan berarti kita akan mendapat point namun apabila kok jatuh di daerah kita berarti lawanlah yang mendapatkan point. Apabila kok keluar dari wilayah permainan maka akan dinyatakan out dan point akan diberika kepada orang yang tidak membuat kok keluar dari daerah pertahanannya.

9.   Lomba Balap lari Estafet


Lomba balap lari estafet adalah sebuah permainan yang dipertandingkan oleh 2 tim atau lebih guna mencari pemenang. Cara permainanya sangat mudah pemain hanya perlu menyediakan 1 tongkat setiap timnya dan pelari harus terbagi menjadi 2 tim atau lebih, pelari pertama bertugas membawa tongkat berlari memutari arena yang sudah ditetapkan dan disepakati, ketika pelari pertama selesai memutari tempat dan harus kembali ke timnya untuk memberi tongkat ke pelari berikutnya begitu pula dengan pelari selanjutnya. Apabila pelari terakhir sudah memberi tongkatnya kepada timnya maka permainan akan berakhir, dan tim yang paling cepat menyelesaikan permainan adalah tim yang menjadi juara atau pemenang dari pertandingan ini.

10.  Sepakbola kampung


Sepakbola adalah cabang olahraga paling populer bukan hanya di Indonesia saja namun juga di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sepakbola sendiri sudah menjadi permainan yang digemari oleh kalangan semua umur. Untuk sepakbola kampung sama saja dengan sepakbola pada umumnya hanya saja sepakbola disini keunikannya terletak pada peraturan permainannan dan cara permainanya. Dalam permainan sepak bola ini kita hanya perlu menyiapkan gawang yang terdiri dari sandal yang menjadi tiangnya, untuk tempatnya tidak harus di lapangan biasanya di jalan sepi atau di gang, bola plastik, jumlah pemain bebas namun harus rata sama jumlah, tidak ada peraturan khusus selain hand ball, apabila ada pemain terluka atau menangis akan diberika tendangan bebas walau tidak ada kartu merah atau kuning. Dalam bermain sepakbola ini biasanya pemain tidak memakai alas kaki karena alas kakinya sudah dipakai membuat gawang. Dalam permainan ini tidak ada batas waktu permainan jadi pemain hanya perlu mencetak gol ke gawang lawan dan yang biasanya menjadi batas waktu adalah adzan magrib.


Nah itu dia permaian tradisional yang akan menyenangkan jika dimainkan bersama teman. Apakah anda pernah memainkan semua permainan itu?  Masa kecil anda pasti bahagia apabila pernah bermain semua permainan itu. Akhirnya artikel saya sudah sampai akhir. Terimakasih karena sudah mengunjung blog saya dan membaca, semoga menghibur dan bermanfaat bagi anda sekalian. Untuk kritik dan saran sangat dibutuhkan, jadi tolong tulis di kolom komentar kritik dan saran anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. See you next time……

Post a Comment

0 Comments